Wisata Indonesia

Borobudur, Jogjakarta

Jika Anda tengah menghabiskan liburan di Yogyakarta, maka bahwa sebuah keharusan bagi Anda untuk mengunjungi Borobudur. Salah satu keajaiban dunia yang dibangun oleh Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824 ini menjadi candi Budha terbesar di dunia.  Candi ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia yang ternilai harganya. Dengan mencapai luas kurang lebih 123x123 m2, Borobudur menyimpan 504 patung Buddha, 1 stupa induk, dan 72 stupa terawang. Arsitektur candi ini sendiri terpengaruh gaya Gupta dari India.

Candi Borobudur memiliki pahatan relief yang berjumlah hampir 2672 di seluruh arealnya, di mana jika relief itu disusun dan dibentangkan akan mencapai panjang 6 km. Sebuah mahakarya yang menceritakan mahabrata dan Ramayana terpatri indah di setiap dinding Borobudur. Borobudur menjadi peninggalan bersejarah yang paling penting dalam peradaban umat manusia. Tempat ini pun menjadi ziarah bagi umat Budha yang berasal dari India, Cina, Tibet, hingga Kamboja. Gunadarma adalah arsitek yang bertanggung jawab atas kemegahan Candi Borobudur. Ia menggunakan sebanyak 60.000 meter kubik material vulkanik dari Sungai Elo dan Progo yang berada 2 km di dekat kawasan candi untuk membuat pondasinya

Borobudur sejatinya berada di Jawa Tengah. Di sekliling candi terbentang panorama bukit dan sawah indah. Candi ini dipercaya dibangun di sebuah bekas danau purba yang dukunya merupakan muara dari berbagai aliran sungai, yang dimana lantaran endapan lahar membuatnya menjadi sebuah dataran. Candi Borobudur ini sendiri baru selesai dibangun pada tahun 824 Masehi. Ketika mengunjungi Borobudur, Anda seperti tengah menelsuuri sebuah labirin dengan segala atmosfer seni dan budaya Indonesia di dalamnya.

Borobudur dapat dicapai dalam waktu satu jam dari Yogyakarta, maka tak heran jika para turis di Yogyakarta selalu menjadikan Borobudur sebagai tujuan wisata mereka berikutnya. Akomodasi pun menjadi sangat mudah didapatkan di sini, karena Anda hanya perlu kembali ke Yogyakarta dalam waktu yang begitu singkat. Selain Borobudur, Anda juga bisa mendapati beberapa obyek wisata candi serupa seperti Candi Prambanan dan Candi Mendut di sekitar perjalanan menuju Borobudur.