Wisata Indonesia

Danau Toba, Aek Godang

Selain mengemban predikat sebagai danau terbesar di Indonesia, Danau Toba merupakan mahakarya alam yang sulit untuk disangsikan keindahannnya. Inilah ikon dan tujuan wisata utama di Sumatera Utara dan sekaligus merupakan salah satu elemen penting dalam peta pesona alam Indonesia. Atmosef bumi Indonesia yang sejuk, warna biru permata danau, serta lengkap dengan perbukitan hijau yang mengelilinginya. Danau yang berada 900 meter di atas permukaan laut ini memiliki kedalaman sekitar 450 meter. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau bernama Pulau Samosir yang luasnya hampir sama dengan luas Singapura.

Danau Toba ini disebut juga sebagai danau berkawah, di mana luasnya diperkirakan mencapai 1.145 km2. Lantaran ukurannya yang begitu luas tersebut, danau ini sekilas lebih menyerupai laut. Tak heran jika predikat sebagai salah satu danau terluas di Asia Tenggara diperoleh Danau Toba. Proses terbentuknya Danau Toba juga tidak pernah lepas dari cerita atau mitologi rakyat setempat. Namun, secara ilmiah danau ini sudah terbentuk sejak 73.000 – 75.000 tahun silam dari sebuah peristiwa letusan Gunung Toba. Saat itu, gunung tersebut memuntahkan sebanyak 2.800 km kubik material vulkanik.

Sementara itu Pulau Samosir yang terletak di tengah Danau Toba juga memberikan pesona unik tersendiri. Menariknya pulau ini juga memiliki dua danau kecil di dalamnya, yakni Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Ini benar-benar melengkapi eksotisme Danau Toba. Toba juga didominasi oleh pemandangan hutan pinus serta beberapa titik air terjun dan juga terdapat sebuah area pemandian air belerang. Banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan demi menghabiskan liburan di Danau Toba. Anda tidak hanya mengabadikan pesonanya, namun Anda juga bisa berlayar di sekitar Danau, berenang, mendaki gunung, atau trekking.

Demi meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba, pemerintah setempat juga menggelar Festival Danau Toba, di mana Danau Toba dan kebudayaan asli masyarakat di sana menjadi daya tarik utama event tersebut. Tidak sulit mencapai Danau Toba. Dari bandara Kuala Namu Medan, Anda bisa menggunakan jasa travel untuk bisa sampai ke danau tanpa harus tersesat.