Wisata Indonesia

Gunung Bromo, Malang

Siapa yang tak kenal  kemegahan Gunung Bromo? Sebuah gunung api aktif dan terkenal sebagai ikon dan tujuan wisata utama di Jawa Timur. Tidak afdol rasanya liburan di jawa Timur, jika tidak menjejaki kaki di atas gunung api terindah di Indonesia ini. Konon nama Bromo diambil dari kata Brahma, seorang Dewa Tri Murti dalam kepercayaan umat Hindu. Gunung ini terletak di ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. meski bukan gunung api tersbesari di Indonesia, namun Bromo menyimpan panorama spektakuler.

Selain melakukan aktivitas mendaki, Anda juga bisa berkuda di sini. Gunung Bromo yang juga berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini juga menawarkan pemandangan unik berupa pasir laut bak gurun pasir seluas 5.250 hektar di ketinggian 2392 m dpl. gunung Bromo adalah tempat yang mengagumkan untuk menyaksikan matahari ternit dan terbenam. Anda tidak akan mampu melewatkan momen istimewa tersebut. Dari puncak Bromo, Anda juga bisa melihat siluet Gunung Semeru yang tengah mengeluarkan asap.

Gunung Bromo terletak di sekitar empat wilayah kabupaten yakni Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Masyarakat suku Tengger adalah penduduk asli yang menguni Gunung Bromo. Bahkan mereka membawa sebuah kepercayaan, bahwa Bromo merupakan tempat pengorbanan seorang pangeran demi mempertahankan keutuhan keluarganya. Dari kepercayaan tersebut, masyarakat setempat kemudian menggelar sebuah festival bernama Yadnya Kasada setiap sethaun sekali. Dalam festival tersebut, mereka membawa persembahan berupa sayuran, ayam, hingga uang, di mana semuanya dibuang ke dalam kawahb gunung berapi. Itu akan menjadi sebuah persembahan suci untuk dewa.

 Dengan suhu udara berada di kisaran 3 derajat sampai 20 derajat celcius, atmosfer dingin memang begitu terasa di Bromo. Bagi Anda yang ingin mendaki atau melakukan aktivitas wisata di sini, dianjurkan untuk mengenakan jaket, sarung tangan, dan topi atau penutup kepala lainnya. Menghabiskan liburan di Bromo juga sangat direkomendasi. Anda tak perlu khawatir dengan akomodasi, karena di sini banyak ditemukan guesthouse atau hotel kecil. Akomodasi ini biasanya kebanyakan terletak di sekitar Ngadisari dan Cemorolawang.