Wisata Indonesia

Taman Nasional Komodo, Flores

Indonesia memiliki salah satu peninggalah berharga dari pra-sejarah dan masih bernafas hingga kini. Siapa lagi kalo bukan, komodo. Hewan ini menyerupai kadal raksasa, di mana memiliki bobot sekitar 165 kg dan panjang mencapai 3 meter. Hewan ini termasuk dalam kategori spesies langka dan hampir punah. Habitat komodo yang masih stabil hanya ditemukan di Taman Nasional Komodo ini. Oleh karena itu, pada tahun 1986, UNESCO pun menetapkan Pulau Komodo sebagai  World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve. Pulau ini pertama kali ditemukan pada tahun 1911 oleh JKH Van Steyn, yang pada akhirnya ia tidak hanya melakukan konservasi terhadap komodo, tetapi juga seluruh keanekaragaman hayati di pulau tersebut.

Banyak yang bilang komodo itu menyeramkan, karena ia adalah seorang predator. Namun faktanya, komodo tidaklah terlalu membahayakan karena ia bukan termasuk hewan pemburu yang aktif dan termasuk salah satu predator yang sabar. Ini terbukti ketika di alam liar, komodo hanya memakan mangsanya yanga sudah luka atau lemah. Cukup satu gigitan saja bagi komdo untuk menaklukan mangsanya. Komodo memiliki sisik, kuku tajam serta lidah bercabang dua yang kerap menjulur keluar.  Anda tidak perlu khawatir jika ingin melihat satwa ini secara dekat. Anda hanya cukup menuruti segala arahan pemandu atau jagawana yang akan ikut menemani Anda ketika berwisata di Pulau Komodo.

Pulau Komodo tidak hanya berbicara tentang komodo, meski satwa langka tersebut adalah ikon wisata pulau ini. Pulau Komodo ternyata menyimpan pesona alam yang luar biasa. Pulau tropis ini memiliki pasir putih yang berkilauan, dan ketika terkena sinar matahari akan sekilas samar-samar berwarna merah muda. Pulau ini juga memiliki taman laut yang penuh dengan ragam biota laut. Anda akan puas menyelam di lautnya. Tak heran jika pulau ini sangat cocok untuk tujuan wisata. Taman Nasional Komodo sejatinya terdiri atas tiga pulau utama, antara lain Palau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Pada. Ada pulau pulau-pulau kecil yang jika diakumulasikan jumlahnya akan mencapai luas daratan kurang lebih 603 km2. Sementara untuk Taman Nasional Komodo itu sendiri mencapai 1.817 km².

Bagaimana? Berniat liburan sambil mengeksplor 2500 ekor komodo hidup di pulau ini?