Wisata Indonesia

Tanjung Puting, Palangkaraya

Tanjung Putting atau dengan nama panjang Taman Nasional Tanjung Putting terletak di Kalimantan Tengah, tepatnya di bagian semenanjung barat daya. Di sinilah, tempat di mana Anda bisa menyaksikan secara langsung kehidupan orang utan, satwa langka asli Indonesia. Bahkan Tanjung Puting dapat dianggap sebagai buminya orang utan, karena dalam area inilah populasi orang utan lebih banyak terpusat.  Sebagai sebuah kawasan cagar alam dan suaka margasatwa, Tanjung Puting terbilang luas, karena ukurannya mencapai sekitar 305.000 ha. Kawasan ini pertamakali diresmikan sebagai kawasan perlindunga terhadap satwa dan tumbuhan langka sejak 13 Juni 1936 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Kemudian, pada 12 Mei 1984, Tanjung Putting dijadikan sebagai Taman Nasional oleh Menteri Kehutanan.

Taman Nasional Tanjung Puting sangat ideal sebagai tujuan wisata bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman wisata alam terbuka dan sedikit sensasi petualangan. Di sini, Anda akan merasakan sepaket keindahan alam yang komplit, di mana hutan hujan tropis, hutan tanah kering, hutan mangrove, hutan pantai, hutan rawa air tawar, dan sekaligus hutan sekunder berada di dalam satu kawasan. Beragam spesies tanaman langka juga menghiasi perjalanan Anda selama menelusuri Taman Nasional ini. Selain Orang Utan, Anda juga akan menjumpai satwa liar seperti beruang, kancil, macan dahan, kucing hutan, lutung merah, dll.

Taman nasional ini juga menjadi pusat penelitian dan konservasi terhadap orang utan. Penelitian dan konservasi dilakukan demi melindungi satwa ini dari kepunahan. Tempat ini memang sangat ideal bagi orang utan untuk berkembang biak secara bebas dan aman. Untuk mencapai kawasan ini tidaklah sulit. Jika Anda tiba di bandara Pangkalan Bun, Anda bisa menggunakan transportasi darat ke Kumai selama 20 menit sejauh 8 km. Selanjutnya dari Kumai, Anda akan bertolak ke Tanjung Harapan, dan barulah perjalanan selanjutnya akan mengantarkan Anda ke taman nasional.

Menghabiskan liburan dengan berkunjung ke taman nasional ini akan memberikan pengalaman berharga bagi Anda untuk mengenal dan mempelajari lebih dalam tentang alam dan satwa langka Indonesia.